Minggu , 29 November 2020

Saatnya Melirik Third Party Administration (TPA) Dana Pensiun, Apa Keuntungannya?

Mungkin sudah saatnya, pelaku dana pensiun baik DPPK (Dana Pensiun Pemberi Kerja) maupun DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan) mulai melirik pengelolaan administrasi kepesertaan dana pensiun melalui pihak ketiga. Atau biasa disebut Third Party Administration (TPA). TPA, sebuah program yang dirancang untuk mengakomodir kebutuhan pelaku dana pensiun dalam meng-administrasikan berbagai layanan yang harus diberikan kepada setiap peserta.

Apalagi di tengah kewajiban pelaku dana pensiun sesuai dengan POJK No. 15/POJK.05/2019 tentang Tata Kelola Dana Pensiun. Pelaku dana pensiun pastinya dihadapkan pada banyak kewajiban administrasi sebagai syarat kepatuhan terhadap regulasi atau aturan. Sehingga pelaku dana pension pun dapat mencegah ketidak-mampuan dalam mengelola aset peserta, di samping dapat lebih mengoptimalkan peran dana pensiun dalam pelayanan.

Mengapa administrasi peserta dana pensiun harus melalui TPA?
Tentu saja tidak harus. Namun TPA memang patut dilirik. Agar fokus pelaku dana pensiun bertumpu pada upaya mengoptimalkan tata Kelola secara lebih profesional. Di samping fokus untuk menambah jumlah peserta dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta dana pensiun. Apalagi dana pensiun yang kerap gonta-ganti pimpinan, maka TPA bisa jadi alternatif untuk menjaga kinerja dana penisun secara berkelanjutan. Karena melalu pengelolaan administrasi dana pensiun melalui pihak ketiga atau Third Party Administration (TPA), setidaknya pelaku dana pensiun bisa memperoleh keuntungan, antara lain:

  1. Dapat memastikan tata kelola dana pensiun dapat berjalan sesuai regulasi yang berlaku dan lebih comply.
  2. Dapat lebih fokus dalam mengoptimalkan program dana pensiun yang bisa memberi nilai tambah kepada peserta, seperti: top up program, tax benefits atau layanan konseling jelang pensiun
  3. Dapat mengelola program dana pensiun secara lebih profesional karena administrasi-nya dikelola pihak ketiga atau TPA, khususnya dalam aspek monitoring dan kinerja investasi.

Tentu saja, pengelolaan adminitrasi dana pensiun berkonsekuensi terhadap biaya. Ada biaya tambahan untuk TPA. Namun bila dibandingkan dengan menambah SDM atau karyawan dan membeli sistem IT, tentu pengelolaan dana pensiun melalui TPA bisa dipastikan lebih efisien bahkan efektif. Dan di atas itu semua, kepatuah terhadap regulasi atau compliance itulah lebih diutamakan melalui TPA.

Dengan melihat potensi dana pensiun yang masih besar di Indonesi dan pentingnya meningkatkan kinerja dan pelayanan, sudah saatnya pelaku dana pensiun melirik administrator dana pensiun. Agar urusan administrasi kepesertaan lebih akurat dan mampu menjangkan masa yang akan datang. Selain dapat membantu pelaku dana pensiun dalam hal administrasi peserta, TPA pun bisa mitra dalam mengoptimalkan tata kelola dana pensiun. Sehingga dana pensiun dapat lebih transparan, profesional, dan mampu mengantisipasi “future value” dari program dana pensiun itu sendiri.

Karena suka tidak suka, implementasi dan kepatuhan terhadap tata kelola dana pensiun tidaklah mudah. Apalagi tidak sedikit pelaku dana pensiun yang belum paham seratus persen best practice-nya dan proses secara operasional. Maka TPA bisa jadi alternative pilihan. (https://finansial.bisnis.com/read/20190630/89/939531/regulasi-tata-kelola-dana-pensiun-agak-berat-tapi-harus-ditaati-). Karena penting untuk diketahui. Bahwa landasan utama dari tata kelola dana pensiun yang baik adalah tercapainya tujuan pengelolaan dana pensiun dengan menerapkan prinsip transparansi, akuntabilitas, independensi, dan kewajaran. Sehingga akhirnya mampu mewujudkan Dana Pensiun yang lebih sehat, dapat diandalkan, amanah, dan kompetitif seperti tercantum dalam POJK Nomor 15/POJK.05/2019 tentang Tata Kelola Dana Pensiun.

Maka sebagai antisipasi terhadap dinamika era digital dan profesionalisme, maka pengelolaan administrasi dana pensiun melalui TPA kini mulai patut dilirik. Apa dan bagaimana TPA di dana pensiun, mungkin DSS Consulting bisa menjadi kwan diskusi. Karena cepat atau lambat, jangan sampai pengelolaan administrasi peserta dana pensiun menjadi masalah di kemudian hari … #DanaPensiun #AdministrasiDanaPensiun

Check Also

Punya Asuransi Kesehatan, Pensiun & Pesangon; Itulah Tempat Kerja yang Ideal

Tahu gak tempat kerja ideal itu seperti apa? Sederhana saja. Pilih tempat kerja yang menyediakan …

× Chat me