Kamis , 16 Agustus 2018

7 Alasan Kenapa Perusahaan Anda Butuh Konsultan?

Zaman now itu era milenial. Ciri terpenting zaman now adalah; cepat dan mudah. Jadi bisnis apa saja, kalo gak cepat dan gak mudah pasti akan “ditinggalin” orang, cepat atau lambat. Jangankan perusahaan atau bisnis, anak zaman now saja semuanya pengen cepat dan mudah. Mereka gak suka sama yang lama dan sulit. Ibaratnya, mending gak usah pacaran, nanti saja kalo ketemu yang cocok langsung nikah. Jadi bisnis apapun zaman now harus “cepat dan mudah”.

Nah, bisnis apa saja, kalo mau cepat dan mudah itu gak bisa sembarangan. Perlu ada informasi yang valid dan studi yang menyeluruh. Untuk itu, agar bisa menjadikan bisnis perusahaan Anda lebih proven dan sesuai dinamika zaman now maka dibutuhkan nasehat; membutuhkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Agar saat mengambil keputusan, hasilnya bisa efektif dan efisien. Dan lebih penting lagi, sesuai dengan tujuan bisnis atau perusahaan Anda.

Ketika perusahaan atau bisnis Anda ingin lebih maju dan mampu memenuhi harapan nasabah, di situlah dibutuhkan nasehat yang jitu dan berdaya guna. Masalahnya, siapa yang memberikan nasehat kepada perusahaan Anda? Itulah yang disebut konsultan.

KONSULTAN itu tenaga profesional yang menyediakan jasa kepenasehatan (consultancy service) dalam bidang keahlian tertentu. Misalnya; asuransi, dana pensiun, investasi, pajak, bahkan hukum dan sebagainya. Konsultan biasanya berpengalaman dan secara objektif memberikan rekomendasi rencana dan aksi yang perlu dilakukan. Dan patut diingat, jasa konsultan diperlukan atas dasar “pengalaman masa lalu” untuk bisa lebih kompetitif di masa depan. Maklum di zaman now, kalo gak kompetitif sulit untuk bersaing.

Lalu, kapan suatu perusahaan butuh jasa konsultan?
Ada banyak jawaban yang patut dipertimbangkan. Misalnya, bisnis Anda seperti “berjalan di tempat”, dari dulu begitu-begitu saja. Atau setidaknya dalam 2 s.d. 5 tahun terakhir tidak menunjukkan kemajuan yang signifikan. Konsultan juga diperlukan apabila perusahaan Anda ingin melakukan penetrasi pasar yang lebih agresif sehingga bisa memperbesar “market value”. Atau bisa juga konsultan diperlukan bila di perusahaan Anda segala sesuatunya, seperti: business process, sistem IT, atau sistem kerja sudah tidak fleksibel.

Maka ketika perusahaan Anda mengalami beberapa ciri sebagai berikut: prosesnya lambat, menyulitkan nasabah, produksi/penjualan menurun, motivasi staf melemah, budaya kerja tidak sehat, perusahaan semakin berat mencari bentuk terbaik, dan akhirnya tidak lagi “kompetitif” di market. Keadaan itu dipastikan, perusahaan Anda butuh bantuan konsultan.

Jadi intinya, konsultan membantu perusahaan Anda untuk menemukan solusi agar lebih kompetitif, lebih sesuai dengan ekspektasi nasabah. Menjadikan perusahaan Anada lebih cepat bukan lambat, lebih mudah bukan sulit. Itulah yang dilakukan konsultan.

Tapi sayangnya, memilih konsultan yang berkualitas dan menguasai bidangnya tidaklah mudah. Karena banyak konsultan hanya bisa memberikan nasehat tapi tidak bisa menjadi solusi. Kondisi ini, tentu mengenaskan. Biaya sudah dikeluarkan tapi hanya mendapatkan nasehat. Bukan solusi dari masalah yang dihadapi. Untuk itu, sangat penting mengetahui cara memilih konsulltan yang berkualitas dan berpengalaman sehingga bisa memberi solusi kepada perusahaan Anda.

Di era milenial saat ini, suka tidak suka, kehadiran konsultan sangat dibutuhkan di suatu perusahaan untuk membuat strategi yang jitu dalam memajukan bisnis perusahaan Anda. Setidaknya ada 7 alasan, kenapa perusahaan Anda butuh konsultan agar lebih maju lagi ke depannya?:

1. Agar bisnis perusahaan Anda tetap kompetitif dan mengikuti tren era milenial
2. Mendapat nasehat dan rekomendasi berkualitas dari “pihak luar”, bukan dari dalam perusahaan Anda.
3. Mendapatkan objektivitas ide dan solusi dalam melihat masalah.
4. Tidak tersedianya waktu, sumber daya manusia, dan infrastruktur yang memadai untuk mencari solusi bisnis perusahaan Anda.
5. Dibutuhkannya ahli yang berpengalaman dalam memberikan solusi bisnis.
6. Biaya perusahaan yang “terbuang percuma” akibat proses internal perusahaan Anda namun tidak mendapatkan solusi.
7. Mendapatkan penyegaran ide dan strategi baru untuk menjadi “pemenang” di pasar bisnis perusahaan Anda.

Maka atas ke tujuh alasan di atas, kehadiran konsultan untuk membantu perusahaan Anda menjadi sangat diperlukan. Maju tidaknya bisnis Anda memang di tangan Anda. Tapi cara dan nasehat untuk bisa “merealisasikan” tujuan bisnis Anda pun sangat membtuhkan bantuan dari pihak luar, yaitu konsultan.

Ketahuilah, bisnis perusahaan Anda hari ini akan bisa lebih cepat dan mudah dibandingkan sebelumnya sangat membutuhkan bantuan dari pihak luar. Agar lebih objektif, lebih tepat sasaran, dan lebih kompetitif.

Ketatnya persaingan bisnis dan dinamika kebutuhan nasabah sangat membutuhkan respon dan kegesitan dalam melayani. Untuk itu, DSS Consulting menjadikan “SOLUSI sebagai yang UTAMA”. Apapun persoalan yang dihadapi dunia bisnis harus dihadapi dengan mencari solusi terbaik.

Revitalisasi bisnis dan pengembangan sistem yang kompetitif di bidang dana pensiun, asuransi, dan aset manajemen adalah kekuatan DSS Consulting.

DSS Consulting menyediakan layanan konsultasi manajemen strategis yang berfokus pada keseluruhan siklus bisnis secara memadai. Didukung tim konsultan yang profesional dan berpengalaman, DSS Consulting selalu siap membantu para klien dan perusahaan Anda untuk membangun masa depan lebih cerah. Tentu, dengan memberikan solusi yang terbaik.

Sebagai konsultan lokal yang “mengerti perusahaan Anda”, DSS Consulting memiliki komitmen untuk mengartikulasikan problematika dan perubahan yang sesuai dengan ekspektasi bisnis perusahaan Anda ke depan secara solutif dan kompetitif.

Membantu revitalisasi bisnis dan pengembangan sistem sebagai solusi di bidang dana pensiun, asuransi, dan manajemen aset, itulah visi DSS Consulting. “SOLUTION on the TOP” #DSSConsulting #SolutionOnTop

Check Also

Bijaksana Dalam Mengatur Keuangan (Tips Perencanaan Keuangan Edisi Spesial Imlek)

Imlek tinggal sebentar lagi! Tahun Baru Imlek yang merupakan perayaan besar bagi warga etnis Tionghoa …